Menggabungkan Cell Lewat Merge & Center

Saat bekerja dengan aplikasi Microsoft Excel, Anda ingin menggabungkan beberapa cell sehingga nantinya bisa memperjelas sejumlah data yang termuat di dalam tabel. Untuk hal itu, Anda bisa memanfaatkan salah satu feature yang tersedia di dalam aplikasi Microsoft Excel, yaitu feature Merge & Center. Untuk menggunakannya, pertama-tama Anda dapat membuat satu tabel di lembar kerja Microsoft Excel.

Selanjutnya, seleksi cell yang ingin digabungkan dengan mengklik cell awal dan drag sampai cell terakhir yang diperlukan lalu klik opsi “Merge & Center” yang berada di bawah tab “Home”. Sebagai contoh, tabel baru dari B19 hingga F25. Yang ingin digabungkan adalah cell D19 hingga E19. Untuk itu, tandai cell D19 hingga E19 lalu klik opsi “Merge & Center”. Hasilnya, bisa Anda lihat kini cell D19 dan E19 telah tergabung menjadi satu cell. Selamat mencoba!

Backup Mac dengan Time Machine

Dewasa ini, tren mulai menunjukkan betapa pentingnya membackup data-data berharga melalui cloud. Namun, cara ini cukup merepotkan khususnya di Indonesia yang jaringan Internetnya masih kurang lancar. Karenanya, backup data secara offline tetap harus dilakukan, di samping dengan cloud seprti iCloud. Untuk memperkecil terjadinya kebocoran data, Apple telah meningkatkan feature Time Machine sejak update OS X Mavericks. Kini, Time Machine sanggup mem-backup dengan enkripsi dan dukungan notifikasi yang lebih baik. Ingin tahu cara mem-backup data dengan Time Machine?

Simak langkahnya berikut ini. 1. Buka ‘Time Machine’ untuk mengaktifkannya. 2. Pilih hard disk yang akan digunakan untuk membackup dengan klik opsi “Select Disk…”. 3. Untuk mengaktifkan opsi enkripsi, beri tanda centang pada opsi “Encrypt backups”. Kemudian, masukkan password yang diinginkan. 4. Anda juga dapat merotasi hard disk yang digunakan dengan memilih hard disk berbeda. Saat muncul pertanyaan “Do you want to replace the backup disk “XXXX” or back to both disks?”, pilih opsi “Use Both”. 5. Jangan lupa mengatur waktu backup dengan membuka “Time Machine Backup Scheduler”.

Time Machine akan mem-backup segala jenis file, cache, dan log secara otomatis. Bila ingin memilih apa saja yang tidak ingin di-backup, Anda juga dapat mengaturnya dari opsi “Preferences”. Namun, pastikan terlebih dahulu hard disk untuk mem-backup telah terpasang dengan benar. Untuk mengeceknya, Anda dapat membuka “Finder | Preferences”. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *